Pembelajaran Bermakna-Sekilas Pandang

Pembelajaran  Bermakna

 

Belajar pada hakekatnya merupakan proses perubahan di dalam kepribadian yang berupa kecakapan, sikap, kebiasaan, dan kepandaian. Perubahan ini bersifat menetap dalam tingkah laku yang terjadi sebagai suatu hasil dari latihan atau pengalaman.

 

Pembelajaran pada hakekatnya adalah suatu proses interaksi antar anak dengan anak, anak dengan sumber belajar dan anak dengan pendidik. Kegiatan pembelajaran ini akan menjadi bermakna bagi anak    jika dilakukan dalam lingkungan yang nyaman dan memberikan rasa aman bagi anak. Proses belajar bersifat individual dan kontekstual, artinya proses belajar terjadi dalam diri individu sesuai dengan perkembangannya dan lingkungannya.

 

Pembelajaran bermakna (meaningfull learning)  merupakan suatu proses dikaitkannya informasi baru pada konsep-konsep relevan yang terdapat dalam struktur kognitif seseorang.  Pembelajaran bermakna sebagai hasil dari peristiwa mengajar ditandai oleh terjadinya hubungan antara aspek-aspek, konsep-konsep, informasi atau situasi baru dengan komponen-komponen yang relevan di dalam struktur kognitif siswa. Proses belajar tidak sekadar menghafal konsep-konsep atau fakta-fakta belaka, tetapi merupakan kegiatan menghubungkan konsep-konsep untuk menghasilkan pemahaman yang utuh, sehingga konsep yang dipelajari akan dipahami secara baik dan tidak mudah dilupakan. Dengan demikian, agar terjadi belajar bermakna maka guru harus selalu berusaha mengetahui dan menggali konsep-konsep yang telah dimiliki peserta didik dan membantu memadukannya secara harmonis konsep-konsep tersebut dengan pengetahuan baru yang akan diajarkan.

 

Dengan kata lain, belajar akan lebih bermakna jika anak mengalami langsung apa yang dipelajarinya dengan mengaktifkan lebih banyak indera daripada hanya mendengarkan orang/guru menjelaskan.

 

Kata kunci: pembelajaran bermakna

About these ads

8 responses to “Pembelajaran Bermakna-Sekilas Pandang

  1. Pingback: Ciri Kecenderungan Belajar Dan Cara Belajar Anak SD dan MI « Pembelajaranguru’s Weblog

  2. Pingback: Pembelajaran Tematik-Arti Penting « Pembelajaranguru’s Weblog

  3. Pingback: Ciri Cara Belajar Anak SD « belajar bareng yuk…

  4. Pingback: Ciri Kecendrungan Belajar Anak SD « Pak Guru Ian

  5. Pingback: Ciri Kecenderungan Belajar Dan Cara Belajar Anak SD dan MI « EHDA SITE'S

  6. Pingback: Ciri Kecenderungan Belajar Dan Cara Belajar Anak SD dan MI | sitimurniatistkipcirebon

  7. Pingback: Ciri Kecendrungan Belajar Anak SD « sdngentan02

  8. Pingback: ciri belajar anak sekolah dasar « Tentang Pendidikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s