Diskusi dan Macamnya

Diskusi dan Macamnya

 

Diskusi ditinjau dari tujuannya dibedakan menjadi : (1). The Social Problem Meeting, merupakan metode pembelajaran dengan tujuan berbincang-bincang menyelesaikan masalah sosial di lingkungan; (2). The Open ended Meeting, berbincang bincang mengenai masalah apa saja yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dimana kita berada; (3). The Educational Diagnosis Meeting, berbincang-bincang mengenai tugas/pelajaran untuk saling mengoreksi pemahaman agar lebih baik.

 

Ditinjau dari Bentuknya, dibedakan menjadi :

1. Whole Group, merupakan bentuk diskusi kelompok besar (pleno, klasikal,paripurna dsb.)

 

2. Buz Group, merupakan diskusi kelompok kecil yang terdiri dari (4-5) orang.

 

3. Panel, merupakan diskusi kelompok kecil (3-6) orang yang mendiskusikan objek tertentu dengan cara duduk melingkar yang dipimpin oleh seorang moderator. Jika dalam diskusi tersebut melibatkan partisipasi audience/pengunjung disebut panel forum.

 

4. Syndicate Group, merupakan bentuk diskusi dengan cara membagi kelas menjadi beberapa kelompok kecil yang terdiri dari (3-6) orang yang masing-masing melakukan tugas-tugas yang berbeda.

 

5. Brainstorming, merupakan diskusi iuran pendapat, yakni kelompok menyumbangkan ide baru tanpa dinilai, dikritik, dianalisis yang dilaksanakan

dengan cepat (waktu pendek).

 

6. Simposium, merupakan bentuk diskusi yang dilaksanakan dengan membahas berbagai aspek dengan subjek tertentu. Dalam kegiatan ini

sering menggunakan sidang paralel, karena ada beberapa orang penyaji. Setiap penyaji menyajikan karyanya dalam waktu 5-20 menit diikuti dengan sanggahan dan pertanyaan dari audience/peserta. Bahasan dan sanggahan dirumuskan oleh panitia sebagai hasil simposium. Jika simposium melibatkan partisipasi aktif pengunjung disebut simposium forum. 7. Colloqium, strategi diskusi yang dilakukan dengan melibatkan satu atau beberapa nara sumber (manusia sumber) yang berusaha menjawab pertanyaan dari audience. Audience menginterview nara sumber selanjutnya diteruskan dengan mengundang pertanyaan dari peserta (audience) lain Topik dalam diskusi ini adalah topik baru sehingga tujuan utama dari diskusi ini adalah ingin memperoleh informasi dari tangan pertama.

 

8. Informal Debate, merupakan diskusi dengan cara membagi kelas menjadi 2 kelompok yang pro dan kontra yang dalam diskusi ini diikuti dengan

tangkisan dengan tata tertib yang longgar agar diperoleh kajian yang dimensi dan kedalamannya tinggi. Selanjutnya bila penyelesaian masalah tersebut dilakukan secara sistematis disebut diskusi informal. Adapun langkah dalam diskusi informal adalah : (1). menyampaikan problema; (2). pengumpulan data; (3). alternatif penyelesaian; (4). memlilih cara penyelesaian yang terbaik.

 

9. Fish Bowl, merupakan diskuasi dengan beberapa orang peserta dipimpin oleh seorang  ketua mengadakan diskusi untuk mengambil keputusan. Diskusi model ini biasanya diatur dengan tempat duduk melingkar dengan 2 atau 3 kursi kosong menghadap  peserta diskusi. Kelompok pendengar duduk mengelilingi kelompok diskusi sehingga  seolah-olah peserta melihat ikan dalam mangkok.

 

10. Seminar, merupakan kegiatan diskusi yang banyak dilakukan dalam pembelajaran. Seminar pada umumnya merupakan pertemuan untuk

membahas masalah tertentu dengan prasaran serta tanggapan melalui diskusi dan pengkajian untuk mendapatkan suatu konsensus/keputusan

bersama. Masalah yang dibahas pada umumnya terbatas dan spesifik/tertentu, bersifat ilmiah dan subject approach.

 

11. Lokakarya/widya karya, merupakan pengkajian masalah tertentu melalui pertemuan dengan penyajian prasaran dan tanggapan serta diskusi secara teknis mendalam. Dalam diskusi ini bila perlu diikuti dengan demonstrasi/peragaan masalah tersebut. Peserta lokakarya pada umumnya

para ahli. Tujuannya mendapatkan konsensus/keputusuan bersama mengenai masalah tersebut. Telaahnya : Subject matter approach.

 

Kata Kunci: diskusi, lokakarya, widya karya, Seminar, Fish Bowl, Informal Debate, Simposium, Brainstorming, Syndicate Group, Panel, Buz Group

About these ads

17 responses to “Diskusi dan Macamnya

  1. makasih infonya, cukup membantu saya buat bikin tugas ttg didkusi:-p

  2. Saya lagi mencari diskusi policy making group…bila ada yg tahu…hubungi email sya…

  3. semua yang anda ingin dapatkan untuk bahan kuliah, tugas, undang2, buku panduan, tukar pikiran, konsultasi pemerintahan dan administrasi negara, mengatur keuangan, info lowongan pekerjaan, seks, konsultasi penyembuhan ketergantungan obat, menghilangkan kebiasaan merokok, panduan memasak, resep masakan, kuliner indonesia, pulsa gratis tapi setelah diisi bayar, transportasi, berita panas, gosip selebriti, film terbaru, obat2an, pengalaman pribadi, curhat masalah remaja, cinta, panduan face book,panduan twitter, panduan frienster, panduan membuat e-mail, bertanya tentang setting GPRS, MMS, 3G, internet via HP dan lain sebagainya hanya di http://badaiabu.wordpress.com ingat hanya di http://badaiabu.wordpress.com JANGAN SALAH BROO….

  4. terimakasih,,,,

    kalau minta tata cara berdiskusi yang baik bagaimana?

  5. ternyata banyak sekali jenis diskusi. tp bedanya diskusi n debat apa ya?

  6. maksih infonya saya nambah wawasan

  7. hmm.. trims juga.. cukup berguna buat yang nyari2 referensi.. heheheee.. :-)

  8. aduh ,,,, aq gie nyari kata-kata wat jadi moderator ada yang tau caranya gux !

  9. tengkyu Bos Guru, terbantukan ne dengan artikele. tak ambil buat bahan bacaan.

  10. Thanks ea. alhamdulillah cukup bantu bwt Presentasi

  11. mohon ijin tulisan ini saya copy untuk keperluan ngajar dan kuliah, trims

  12. mohon izin untuk mengcopy tulisan ini untuk tambahan presentasi saya,,,dan untuk tambahan kalau seperti SARASEHAN itu termasuk pa ZZZ

  13. Dalam berdiskusi harus ditentukan dahulu maksud dan tujuannya. Hal ini agar tidak terlalu panjang dan melebar arah pembicaraan kita dalam diskusi.
    Dan yang terpenting pemandu diskusi harus tahu arah, bentuk dan tujuan dari suatu diskusi.
    Misalnya ;
    1. Whole Group,
    2. Buz Group,
    3. Panel,
    4. Syndicate Group,
    5. Brainstorming,
    6. Simposium,
    7. Colloqium,
    8. Informal Debate,
    9. Fish Bowl,
    10. Seminar,
    11. Lokakarya/widya karya,

    Nah dari itu semua perlu diketahui terlebih dahulu oleh Moderator yang akan dapat diibaratkan seperti Pilot untuk mengendalikan tertib dan lancarnya jalannya suatu diskusi. Amin.
    SELAMAT BERDISKUSI agar mengahsilkan manfaat yang banyaaaaaaakkkkkkkkkkkkkk.

  14. aku belum cara bwt diskusi yg bener …..
    boleh gx aku minta contoh diskusi??????????????

  15. MEMANG BETUL DISKUSI ADALAHS ANGAT PENTING DAN PERLU UNTUKMEMECAHKAN SUATU SEGALAM MACAM MASALAH.

    APABILA DIPECAHKAN OLEH BEBERAPA ORANG SUATU MASALAH AKAN TER SOLUSI DENGAN BAIK DAN BENAR, DENGAN BERBAGAI PERTIMBANGAN DAN FAKTOR, SEHINGGA HASILNYA PUN AKAN TEPAT SASARAN DAN TUJUAN.

    JADI SERING-SERINGLAH KITA MENDISKUSIKAN SEGALAM MACAM PERMASALAHAN BAIK RUMAH TANGGA, MASALAH PELAJARAN, MASALAH PEKERJAAN APALAGI MASALAH SOSIAL (PENGANGGURAN DAN KEMISKINAN), KESEHATAN DAN POLITIK.

    SELAMAT BERDISKUSI UNTUK MEMECAHKAN SUATU SEGALA MACAM MASALAH YANG DIANGGAP PENTING DAN URGENT, AMIN GOOD LUCK

  16. Pingback: DISKUSI UMUM « Bersahabat 2015

  17. diskusi memang bagus tapi terkadang, beberapa orang sering terjebak pada debat kusir, karena ego individu yg dominan. bagaimana kita menyikapai ini secara arif ? (http://megaremeng.multiply.com/tag/artikel%20dan%20makalah)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s