Pembelajaran IPA yang bersifat konstruktif di SD

Pembelajaran IPA yang bersifat konstruktif di SD

 

Setidaknya ada lima cakupan yang harus dipelajari dalam pelajaran IPA di sekolah dasar. Keempat cakupan tersebut adalah:

1) Konsep IPA terpadu

2) biologi

3) fisika

4) ilmu bumi dan antariksa

5) IPA dalam perspektif interdisipliner

 

Sampai saat ini, konten sains bagi kebanyakan guru diberikan melalui metode ceramah dan kegiatan pembuktian di laboratorium, dengan sedikit fokus terhadap pemberian pengalaman dalam melakukan penelitian atau aplikasi IPA dalam konteks teknologi. NSTA dalam Science teacher Preparation ini membedakan kompetensi yang harus dimiliki oleh guru IPA sekolah dasar yang memliki latar belakang IPA dan guru-guru yang memiliki latar belakang keilmuan IPA SD dan SMP. NSTA merekomendasikan guru SD yang tidak memiliki latar belakang IPA untuk memiliki kompetensi dalam melangsungkan pembelajaran yang menitikberatkan pada kegiatan observasi dan mendeskripsikan kejadian, memanipulasi objek dan system, serta melakukan identifikasi terhadap pola yang ada di alam yang berhubungan dengan cakupan bidang studi IPA. Guru-guru ini juga harus melibatkan siswa dalam memanipulasi kegiatan yang mengarahkan pada pengembangan konsep melalui kegiatan investigasi dan analisis terhadap pengalaman. Sedangkan untuk guru yang memiliki latar belakang IPA untuk tingkat SD dan SMP kriteria yang harus dimiliki adalah melangsungkan pembelajaran yang menekankan pada kegiatan kolaboratif melalui inkuiri yang dilangsungkan di laboratorium atau lapangan. Guru-guru yang memiliki latar belakang pendidikan dalam IPA harus memiliki pemahaman yang lebih dalam dibandingkan guru yang tidak memiliki latar belakang pendidikan IPA, namun mereka harus memiliki tama-tema dan perspektif yang sama terhadap IPA.

 

Hurd (1998) yang menyatakan bahwa orang yang dinyatakan melek sains memiliki 3 ciri sebagai berikut:

(1) dapat membedakan teori dari dogma, data dari hal-hal yang bersifat mistis, sains dari pseudo sains, bukti dari propaganda dan pengetahuan dari pendapat.

(2) mengenal dan  memahami hakikat IPA, keterbatasan dari saintifk inkuiri, kebutuhan untuk pengumpulan bukti.

(3) memahami bagaimana cara untuk menganalisis dan memproses data.

 

Untuk menjadi orang yang melek sains ini diperlukan cara pengajaran yang berisfat konstruktif. Ciri pembelajaran yang bersifat kosntruktif ini dapat dibedakan dengan pembelajaran yang bersifat tradisional dengan ciri-ciri sebagai berikut:

1.        lebih memahami dan merespon minat, kekuatan, pengalaman dan keperluan siswa secara individual.

2.        senantiasa menyeleksi dan mengadaptasi kurikulum.

3.        berfokus pada pemahaman siswa dan menggunakan pengetahuan sains, ide serta proses inkuiri.

4.        membimbing siswa dalam mengembangan saintifik inkuiri.

5.        menyediakan kesempatan bagi siswa untuk berdiskusi dan berdebat dengan siswa lain.

6.        secara berkesinambungan melakukan asesmen terhadap pemahaman siswa.

7.        memberikan bimbingan pada siswa untuk berbagai tanggung jawab dengan siswa lain.

8.        mensuport pembelajaran kooperatif (cooperative learning), mendorong siswa untuk bekerjasama dengan guru sains lain dalam mengembangkan proses inkuiri.

 

Kata kunci: pembelajaran kooperatif, inkuiri,

About these ads

13 responses to “Pembelajaran IPA yang bersifat konstruktif di SD

  1. Makasih ya artikelnya, artikelnya cukup bagus…
    mudah2n terus nulis…
    http://www.s1pgsd.blogspot.com

  2. asslm..terima kasih yaa….semoga semua ini menjadi pemberat timbangan amal diakhirat kelak, amiin yaa Rabb

  3. Bismillah. Doain cepet lancar skripsiku ya Pak. Lagi nyari2 sumber ni.

  4. Pingback: Pembelajaran IPA SD « Evafusmawati's Blog

  5. Pingback: Pembelajaran IPA yang bersifat konstruktif di SD « Pak Guru Ian

  6. Trmksh artikel2ny. .

  7. bos, artikel bagus. tp saya belum tahu detail sumbernya…

  8. Trims Ya ada refrensi ut mengajar

  9. syukron atas artikelnya………jazakillah khoirol jaza
    good luck!!!

  10. makasih gan. infonya :D

  11. Pingback: Pembelajaran IPA yang bersifat konstruktif di SD « sdngentan02

  12. terima kasih, sangat bermanfaat

  13. nice blog,,,
    slam knal,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s