Siklus Belajar (Learning Cycle) 5E – Sebuah Metode Perencanaan dalam IPA

Siklus Belajar (Learning Cycle) 5E – Sebuah Metode Perencanaan dalam IPA   

 

Siklus belajar merupakan salah satu metode perencanaan yang telah diakui dalam pendidikan IPA. Siklus belajar dikembangkan berdasarkan teori yang dikembangkan pada masa kini tentang bagaimana siswa seharusnya belajar. Metode ini merupakan metode yang mudah untuk digunakan oleh guru dan dapat memberikan kesempatan untuk mengembangkan kreativitas belajar IPA pada setiap siswa kita.

 

Siklus belajar terdiri dari lima fase (5E) yang saling berhubungan satu sama lainnya, yaitu:

 

1) Fase Engage (Menarik Perhatian-Mengikat)

Fase engage merupakan fase awal. Pada fase ini guru menciptakan situasi teka-teki yang sesuai dengan topic yang akan dipelajari siswa. Guru dapat mengajukan pertanyaan (misalnya: mengapa hal ini terjadi? Bagaimana cara mengetahuinya? dll) dan jawaban siswa digunakan untuk mengetahui hal-hal apa saja yang telah diketahui oleh mereka. Fase ini dapat pula digunakan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa.

 

2) Fase Exploration (Eksplorasi)

Selama fase eksplorasi, siswa harus diberi kesempatan untuk bekerja sama dengan teman-temannya tanpa arahan langsung dari guru. Fase ini menurut teori Piaget merupakan fase “ketidakseimbangan” dimana siswa harus dibuat bingung. Fase ini merupakan kesempatan bagi siswa untuk menguji hipotesis atau prediksi mereka, mendiskusikan dengan teman sekelompoknya dan menetapkan keputusan.

 

3) Fase Explain (Menjelaskan)

Pada fase ini guru mendorong siswa untuk menjelaskan konsep dengan kalimat mereka sendiri.

 

4) Fase Expand (Perpanjangan)

Pada fase ini siswa harus mengaplikasikan konsep dan kecakapan yang telah mereka miliki terhadap situasi lain.

 

5) Fase Evaluate (Evaluasi)

Evaluasi dilakukan selama pembelajaran dilangsungkan. Guru bertugas untuk mengobservasi pengetahuan dan kecakapan siswa dalam mengaplikasikan konsep dan perubahan berfikir siswa.

 

Kata kunci: siklus belajar 5E, metode perencanaan

38 responses to “Siklus Belajar (Learning Cycle) 5E – Sebuah Metode Perencanaan dalam IPA

  1. tolong kirimkan judul buku yang relefan dengan judul diatas atau judul buku yang relefan tentang siklus belajar dari robert karplus, dan bagai mana saya bisa mendapatkannya.
    terimakasih!

    • saya sangat tertarik tentang LC. Namun saya keslitan mencari buku yang membahas tentang LC. Tolong berikan saya judul buku yang membahas tentang LC dan contoh rppnya. Terimakasih

  2. tolong saya juga dikirimkan judul buku yang relevan dengan judul diatas atau judul buku yang relefan tentang siklus belajar dari robert karplus, dan bagai mana saya bisa mendapatkannya.
    terimakasih…….

  3. tolong kirimkan judul buku yang relefan dengan judul diatas dan bagai mana saya bisa mendapatkannya. sebab skripsi saya tentang itu.
    trima kasih.

  4. Tolong minta contoh RPP mata pelajaran IPA Biologi SMP yang menggunakan Model Learning Cycle dengan metoda 5E

  5. SITI NUR HAJIJAH

    tolong kirim ke emailq model pembelajaran learning cyle.sekalian dngn referensinya.thank you

  6. tolong kirimkan referensi tentang metode EPA (eksplorasi pengenalan dan Aplikasi konsep). dan judul buku yang relevan serta bagaimana saya bisa mendapatkannya…
    terimakasih…

  7. tolong saya juga dikirimkan judul buku yang relevan. thanks

  8. tolong kirimin judul buku tentang learning cycle donk..
    please…..

  9. sama kaya teman2 sebelumnya,saya kesulitan dalam mencari sumber berbentuk buku
    jadi sekarang mengalami ganjalan dalam membuat deskripsi pembelajaran.karena saya jga judul skripsinya menngunakan siklus belajar yang 5 E

  10. tolong kirimkan saya judul buku tentang learning cycle atau lc ke email saya
    ne emailnya
    and_ra_baCk@yahoo.com
    tanks b4………..

  11. Rena Ni'matu Zahra

    tolong saya dikirimkan judul buku yang relevan dengan metode perencanaan tersebut, sebagai pegangan buat saya dalam menempuh skripsi saya nanti, terimakasih.
    beritau juga bagaimana dan dimana saya dapat membeli buku tersebut.

  12. terimakasih sebelumnya sudah memberikan inspirasi….saya mau tanya tentang judl buku yang berkaitan dengan 5E learning….tank you….

  13. gimana cara mendapatkan buku yang relevan dengan judul diatas? tolong kasi informasi

  14. tolong kirimkan judul buku & nama pengarang yg membahas tentang learning cycle 5e

  15. tolong kirimkan referensi tentang metode EPA (eksplorasi pengenalan dan aplikasi konsep) yang sama modelnya dengan siklus belajar n gimana cara mendapatkan soalnya untuk skripsi saya…terimakasih…

  16. Saya juga minta tolong…kirimkanjudul buku dan spesifikasixa yang berhubungan dengan siklus 5E itu…, trima kasic sebelumnya…

  17. tolong di kirim penjelasan yang lebih lengkap tentang fase-fase dalam pembelajaran model learning cycle

  18. sama seperti teman2 yang lain, tlg kirimkan judul buku yang relevan,skripsi sy berhubungan dengan learning cycle…pusing nyarinya!!!!

  19. ada beberapa teori belajar mengajar di blog saya, please visit

  20. Saya juga minta tolong…kirimkanjudul buku dan spesifikasixa yang berhubungan dengan siklus 5E itu…, trima kasic sebelumnya…plissssssssssssss

  21. tolong kirimkan judul buku & nama pengarang yg membahas tentang learning cycle 5e

  22. tolong saya juga dikirimkan judul buku yang relevan dengan judul diatas atau judul buku yang relefan tentang siklus belajar dan bagai mana saya bisa mendapatkannya.
    terimakasih…….

  23. saya ingin mengetahui lebih dalam lagi mengenai LC5E ini,,, tolong beri saya informasi mengenai semua buku yang membahas ini dan contoh RPPnya. sblmnya Terimakasih

  24. referensinya mana bunk,…
    bagi dunkzz,……..

  25. tolong kirim contoh RPP Learning Cycle untuk Sekolah Dasar. terima kasih sebelumnya.

  26. saya mo mnta tolong dikirim model n langkah-langkah LC 5E…saya mau mempelajarinya dengan baik…mksh

  27. minta judul buku tentang learning cycle… pusing nyarinya…

  28. sama sprti tmen2 sbelumx…plissss

  29. saya sangat tertarik dengan LC. Tolong kirimkan saya judul buku yang relevan yang membahas tentang learning cyle, terimakasih

  30. aku juga dunks, pa judul buku yang memuat tentang Learning cycle cz aku bingug. susah bgt di cari bukunya

  31. tolong kirimkan buku referensi siklus belajar 5 e dan jurnal2 yang ada ke alamat deweks_poe@yahoo.com. terima kasih banyak

  32. tentang siklus belajar 7 fase, ada yang tau judul buku yang relefan’a gak????

  33. tlong dunk kirim judul buku tentang learning cycle

  34. bs dkasih contoh learning cycle yg detailnya ngak, seperti cr pelaksanaannya. makasih ya

  35. saya sedang menyusun skripsi yg membahas tentang LC menggunakan metode 5E khusus mata pelajaran fisika.. buku/referensi apa saja yg bisa sy gunakan/dibutuhkan dlm penyusunan skripsi sy? mohon bantuannya

  36. ass…tlng donk krimin saya ninformasi dmn sy bs mendapatkan buku tentang learning cycle.

Leave a Reply

