Karakteristik Perkembangan anak usia kelas awal SD serta Pembelajaran Tematik-Keuntungan Penggunaan
Karakteristik Perkembangan anak usia kelas awal SD
Anak yang berada di kelas awal SD adalah anak yang berada pada rentangan usia dini. Masa usia dini ini merupakan masa perkembangan anak yang pendek tetapi merupakan masa yang sangat penting bagi kehidupannya. Oleh karena itu, pada masa ini seluruh potensi yang dimiliki anak perlu didorong sehingga akan berkembang secara optimal.
Karakteristik perkembangan anak pada kelas satu, dua dan tiga SD biasanya pertumbuhan fisiknya telah mencapai kematangan, mereka telah mampu mengontrol tubuh dan keseimbangannya. Mereka telah dapat melompat dengan kaki secara bergantian, dapat mengendarai sepeda roda dua, dapat menangkap bola dan telah berkembang koordinasi tangan dan mata untuk dapat memegang pensil maupun memegang gunting. Selain itu, perkembangan anak dari sisi sosial, terutama anak yang berada pada usia kelas awal SD antara lain mereka telah dapat menunjukkan keakuannya tentang jenis kelaminnya, telah mulai berkompetisi dengan teman sebaya, mempunyai sahabat, telah mampu berbagi, dan mandiri.
Perkembangan anak usia 6-8 tahun dari sisi emosi antara lain anak telah dapat mengekspresikan reaksi terhadap orang lain, telah dapat mengontrol emosi, sudah mampu berpisah dengan orang tua dan telah mulai belajar tentang konsep nilai misalnya benar dan salah. Untuk perkembangan kecerdasannya anak usia kelas awal SD ditunjukkan dengan kemampuannya dalam melakukan seriasi, mengelompokkan obyek, berminat terhadap angka dan tulisan, meningkatnya perbendaharaan kata, senang berbicara, memahami sebab akibat dan berkembangnya pemahaman terhadap ruang dan waktu.
Pembelajaran Tematik-Keuntungan Penggunaan
Sesuai dengan tahapan karakteristik perkembangan anak, karakteristik cara anak belajar, konsep belajar dan belajar bermakna, maka kegiatan pembelajaran bagi anak kelas awal SD sebaiknya dilakukan dengan pembelajaran tematik. Pembelajaan tematik adalah pembelajaran tepadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman belajar bermakna kepada peserta didik. Tema adalah pokok pikiran atau gagasan pokok yang menjadi pokok pembicaraan (Poerwadarminta, 1983). Dengan tema diharapkan akan memberikan banyak keuntungan, di antaranya: (1) Peserta didik mudah memusatkan perhatian pada suatu tema tertentu; (2) Peserta didik mampu mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar matapelajaran dalam tema yang sama; (3) Pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan; (4) Kompetensi dasar dapat dikembangkan lebih baik dengan mengkaitkan matapelajaran lain dengan pengalaman pribadi peserta didik; (5) Peserta didik mampu lebih merasakan manfaat dan makna belajar karena materi disajikan dalam konteks tema yang jelas; (6) Peserta didik lebih bergairah belajar karena dapat berkomunikasi dalam situasi nyata, untuk mengembangkan suatu kemampuan dalam satu mata pelajaran sekaligus mempelajari matapelajaran lain; (7) Guru dapat menghemat waktu karena beberapa mata pelajaran yang disajikan secara tematik dapat dipersiapkan sekaligus dan diberikan dalam dua atau tiga pertemuan, waktu selebihnya dapat digunakan untuk kegiatan remedial, pemantapan, atau pengayaan.
Kata kunci: pembelajaran tematik, belajar bermakna, karakteristik perkembangan anak
Pingback: Ciri Kecenderungan Belajar Dan Cara Belajar Anak SD dan MI « Pembelajaranguru’s Weblog
Pingback: INOVASI PEMBELAJARAN MIPA DI SEKOLAH DAN ALTERNATIF IMPLEMENTASINYA - Model-Model Pembelajaran « Pembelajaran Guru
Pingback: LESSON STUDY : DASAR PEMIKIRAN PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN « Pembelajaran Guru
thanx buat tulisannya…
lumayan buat ngerjain tugas
Tapi emang bener yang dikatakan di atas,, gw banyak belajar dari semua nya………
lmyan lah…. ckup sebagai bahan referensi dalam mengajar,,,,
Pingback: Menyusun Perangkat Pembelajaran Berbasis Lesson Study « Missevi’s Weblog
Pingback: LESSON STUDY : DASAR PEMIKIRAN PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN « Muhamad Nur Hidayat’s Blog
Pingback: Model Pembelajaran IPA « Krisantusardy’s Blog
thanks atas tulisan nya, lw bisa tolang di lengkapi dengan konsep perkembangan atau karakteristik siiswa sd dalam mempelajari matematika
terimakasih ats artikelnya , artikel ini sangat bayak membantu saya dalam menyelesaikan tugas saya sebagai mahasiswa pada umumnya dalam mempresentasikan sebuah makalah
tlg lbh baxk bkn judul yg bgs kaya aq cantiknya githu…..llhhhhhooo…..
saya sangat suka perkembangan anak,kalau ada vidio perkembanagan anak tolong di tamp-ilkan dong.
artikel yang bermanfaat,,
tambah lagi ilmu,,,
Pingback: Ciri Kecendrungan Belajar Anak SD « Pak Guru Ian
kalau ada penelitian dan karakteristik anak usia SD dari kelas I-VI, dengan dasar dari para ahli dan sumber buku yang relevan serta mudah untuk didapat. terima kasih, maturnuwun.
Pingback: Blog punya Marwa » Ciri Kecenderungan Belajar Dan Cara Belajar Anak SD dan MI
thx u,,,,, 🙂
nice info