Lesson Study : Fokus Pengambilan Gambar Pada Tahap Post Class Discusion (See)

Lesson Study : Fokus Pengambilan Gambar Pada Tahap Post Class Discusion (See)

 

Setelah tahap implementasi selesai dilaksanakan tahap ketiga post-class discussion (see) atau kegiatan pasca-pelajaran biasanya disebut juga dengan istilah refleksi. Pada prinsipnya yang dimaksud dengan istilah refleksi ialah upaya evaluasi yang dilakukan oleh para kolaborator atau partisipan yang terkait denga suatu lesson study yang dilaksanakan.Refleksi ini dilakukan dengan kolaboratif, yaitu adanya diskusi terhadap berbagai masalah yang terjadi di kelas penelitian. Dengan demikian refleksi dapat ditentukan sesudah adanya implementasi tindakan dan hasil

observasi. Berdasarkan refleksi ini pula suatu perbaikan tindakan (replanning) selanjutnya ditentukan. Fokus utama dalam tahap ini adalah menganalisis “bagaimana siswa belajar”. Hal terpenting yang bagi peserta lesson study adalah mengambil makna apa yang bisa dipelajari dengan dari tampilan tersebut dengan kata lain siswa bisa “belajar apa” dari penampilan guru model tersebut. Refleksi dilakukan setelah pembelajaran berakhir denan maksud apa yang telah dipelajari observer dari pembelajaran tersebut dapat dikarifikasi dan diketahui. Bahan yang digunakan untuk refleksi adalah catatan yang dimiliki observer dan hasil rekaman tim dokumentasi yang dapat diputar ulang untuk kejadian yang menarik perhatian.

 

Lesson Study : Fungsi Film Dokumentasi 

Terkait dengan upaya mengamati situasi pembelajaran, maka salah satu bagian yang penting dalam lesson study adalah pengumpulan bukti (gather evidance) dari proses belajar mengajar yang dapat digunakan sebagai bahan analisis, evaluasi dan refleksi. Agar bagian ini lebih optimal maka diperlukan pengamatan secara intensif, maka penggunaan film dokumentasi sangat membantu. Film ini dapat dijadikan sebagai bahan untuk umpan balik (feed back) bagi guru dengan melihat pembelajaran yang sudah dilalui nya dengan demikian setidaknya sudah dapat ditarik kesimpulan (walaupun sifatnya tidak baku dan masih bisa berkembang di masa-masa yang akan datang) yang bisa dijadikan acuan untuk

perancangan kegiatan pembelajaran berikutnya.

 

Dengan demikian maka beberapa fungsi dari pembuatan film dokumentasi ini adalah:

• Akuntabilitas kegiatan

Dengan adanya rekaman yang menunjukkan berlangsungnya pembelajaran nyata (real teaching) maka ada pertanggungjawaban penuh bahwa program benar-benar telak terlaksana, sehingga, media ini bisa menjadi alat untuk permasalahan akuntabilitas.

• Sebagai alat verifikasi

Dengan terdokumentasinya apa yang berlangsung selama kegiatan pembelajaran, maka secara tidak langsung media ini akan menjadi alat verifikasi yang efektif. Di kemudian hari tidak ada lagi alasan bahwa kegiatan-kegiatan yang dilakukan tidak sesuai dengan rancangan yang telah ditetapkan sebelumnya.

• Sebagai alat kontrol dan evaluasi

Metode ini juga bisa dipakai sebagai alat kontrol pada kegiatan yang sedang berlangsung; sesuai tidaknya kegiatan dengan rencana. Selain itu metode ini juga bisa dimanfaatkan sebagai alat bantu evaluasi kegiatan secara keseluruhan.

 

Konsekuensi-konsekuensi itu tentu mengandung perubahan dari proses pembelajaran sebelumnya, tetapi perubahan yang ditujukan untuk perbaikan. Perbaikan tersebut tidak akan terjadi apabila ia tidak sadar atau tanggap akan standar profesinya sendiri. Lesson study adalah suatu instrumen yang digunakan dengan penuh kemampuan oleh guru yang baik untuk meningkatkan mutu mengajarnya.

 

Namun, salah satu dari tantangan terhadap lesson study adalah bahwa memperbaiki mutu mengajar adalah hal yang harus senantiasa dilakukan oleh guru yang baik; ia harus terus-menerus sadar mengenai praktek di kelasnya dan berusaha untuk memperbaiki praktek tersebut. Orang-orang yang skeptis terhadap lesson study menyatakan bahwa ini hanya kegiatan mengajar yang baik. Untuk itu sebaiknya lesson study tidak berhenti di situ, sehingga ia merupakan cara untuk menghidupkan situasi belajar-mengajar. Lesson study bukan sekedar mengajar.Lesson study mempunyai makna sadar dan kritis terhadap mengajar, dan menggunakan kesadaran kritis terhadap dirinya sendiri untuk bersiap terhadap proses perubahan dan perbaikan mengajar. Lesson study mendorong para guru untuk berani bertindak dan berfikir kritis dalam mengembangkan teori dan rasional

bagi mereka sendiri, dan bertanggung jawab mengenai pelaksanaan tugasnya secara profesional.

 

Kata kunci: lesson study, film dokumentasi, tahap refleksi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s